Arti komunikasi sangat luas banyak beberapa ahli mendefinisikan :
a). Stephen Littlejohn mengatakan komunikasi sulit untuk didefinisikan, bersifat abstrak, seperti kebanyakan istilah, memiliki banyak arti.
b). Berger & Chaffe (1978 :17) mengatakan ilmu komunikasi berusaha memahami produksi, proses, dan pengaruh sistem simbol dan isyarat dengan mengembangkan beberapa teori yan dapat diuji, yang berisi generalisasi yang menjelaskan fenomena yang dikaitkan dengan produksi dan proses.
c). Bernard Bareleson mengatakan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dsb dengan menggunakan lambang-lambang, kata-kata, gambar, bilangan, grafik
d). Gerall A. Miller mengatakan bahwa pada pokoknya komunikasi mengandung situasi keperilakuan sebagai minat setral dimana seseorang sebagai sumber suatu pesan kepada seseorang atau sejumlah penerima yang secara bertujuan mempengaruhi perilakunya.
2. Jenis dan Proses Komunikasi
Jenis komunikasi ada 2 macam :
a. komunikasi verbal (dengan kata-kata)
b. komunikasi non verbal (bahasa tubuh)
proses komunikasi :
- Komunikator : orang yang menyampaikan pesan
- Pesan : pernyataan yang didukung oleh lambang
- Komunikan : orang yang menerima pesan
- Komunikator, sebelum mengirimkan pesannya, terlebih dahulu mengemasnya dalam bentuk yang dianggap sesuai dan dapat diterima serta dimengerti oleh komunikan. Pengemasan pesan ini disebut sebagai encoding. Encoding: mengkodekan informasi dengan menerjemahkan ke dalam simbol atau isyarat.
Pengirim (sender) à Pesan (message) à Penerima (receiver)
Pengirim: Memulai komunikasi à orang yang mempunyai kebutuhan, keinginan untuk mengkomunikasikan kepada satu atau orang lain.
3. Komunikasi Efektif
Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan.
Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
- Menciptakan suasana yang menguntungkan.
- menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
- pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
- Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
- Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihk komunikan.
Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk mengupayakan proses komunikasi yang efektif:
a. Careful timing
b. Feedback
c. Face to face communication
d. Sensitivity to receiver
e. Awarness of simbolic meaning
f. Non verbal cues
g. Reinforcing word with action
h. Simple language
i. Redundancy
4. Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
2. implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
2. implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
DAFTAR PUSTAKA :
- Buku Komunikasi Serba Ada Serba Makna
Penulis : Prof. Dr Alo Liliweri, M.S.
- Buku Teori Komunikasi "Individu Hingga Masa"
Penulis: Morissan
http://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar