Rabu, 20 Januari 2016

ANALISIS E-GOVERNMENT KOTA/KABUPATEN PADA PROVINSI PROVINSI SUMATRA UTARA

Nama : Nadia Ahsani Putri
Kelas : 4ka03
NPM : 15112200


Berikut adalah hasil analisis e-government menurut panduan dari KOMINFO (2003) pada Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Medan:



Narasi:

Setelah melakukan analisis website sumatera utara, deli serdang dan medan untuk bagian selayang pandang  masing-masing web memiliki keterangan informasi yang lengkap. untuk bagian pemerintahan daerah bagian informasi nama dan alamat kota Medan tidak dicantumkan, dan bagian biodata pemerintahan daerah web Deli tidak dicantumkan informasi biodata. Pada bagian kelengkapan geografi sudah hamper lengkap pada tiga webstite ini. Pada bagian peta wilayah dan sumber daya untuk Kabupaten Deli tidak ada. Pada peraturan dan kebijakan daerah tidak ada pada 3 website ini. Untuk buku tamu hanya provinsi sumatera utara yang lengkap.

Hasil analisis dari ketiga website ini Sumatera Utara lebih informatif dan komplit dalam penyampaikan informasi serta dalam memberikan pelayanan terhadap pembaca.

Berikut adalah hasil analisis e-government berdasarkan kategoris :




Narasi :

Telah dilakukan analisa terhadap website Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Medan berdasarkan kategoris berikut hasilnya :
Hasil analisa terhadap website provinsi Sumatera Utara adalah interaktif dan inovatif, website  tersebut memberikanin formasi yang cukup lengkap dan teratur pada bagian-bagian navigasinya,  sehingga memberikan pelayanan yang bagus terhadap pembaca.
Hasil analisa terhadap website Kabupaten Deli Serdang adalah sebagai berikut, untuk Informasi Menu Utama dalam Website mendapat nilai 97, Informasi Tambahan dalam fasilitas Web Site bernilai 57, Penyediaan Hubungan nilai 0, setelah mencoba membukaWebsite resmi Kabupaten Deli Serdang hasilnya cukup mudah dipahami dan lengkap sehingga member kemudahan terhadap user atau pembaca tetapi untuk desain yang dibuat kurang menarik sehingga diberi nilai 52,35.
Hasil analisa terhadap website Kabupaten Medan adalah sebagai berikut, untuk Informasi Menu Utama dalam Website mendapat nilai 94, Informasi Tambahan dalam fasilitas Website bernilai 58, Penyediaan Hubungan nilai 0, setelah mencoba membuka Website resmi Kabupaten Medan proses link pada website tersebut kurang lengkap sehingga di berinilai 51,8.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Website yang digunakan oleh Provinsi Sumatera Utara,  Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Medan sudah cukup memenuhi panduan dari KOMINFO (2003), akan tetapi harus diberikan informasi yang lebih banyak agar pembaca juga dapat mengambil informasi yang akurat dan lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar